SELAMAT DATANG DI BLOG SUKA2 DAN APA ADANYA.....LUXMAN SI RUWEDT, ANAK SUKABUMI

Senin, 12 Juli 2010

Hati-Hati, Ban Aus Berbahaya Saat Hujan

Seberapa sering Anda memperhatikan tingkat keausan ban kendaraan Anda? Padahal ban yang aus membuat jarak pengereman lebih jauh di jalan basah. Ini tentu sangat membahayakan keselamatan Anda. Karena itu, periksalah tingkat keausan ban kendaraan Anda.
"Tiap ban pasti sudah dilengkapi indikator tingkat keausan. Jangan pernah memakai ban jika tanda tersebut sudah terlihat," kata Deputi Sales Manager PT Brigdestone Tire Indonesia (BSI) John M Arsyad. Tanda keausan ini akan muncul jika sisa kembang ban tinggal sekira 1,6 mm. Letaknya ada di sisi luar kembang ban kendaraan Anda dan berbentuk segitiga.

Lantas apa efeknya kalau ban sudah aus? Jika ban sudah tidak layak dipakai karena aus, maka jarak pengereman dipermukaan jalan basah akan lebih panjang dan juga terdapat resiko hydoplaning.

Air hujan membentuk lapisan antara ban dan permukaan jalan, mengangkat ban dari permukaan jalan, sehingga pengendalian dan pengereman tidak efektif karena ban seolah melayang antara permukaan air dan permukaan jalan.

Sebagai contoh, ketika berkendara pada kecepatan 90 km/jam di jalan basah, maka ban yang aus akan berhenti dengan jarak satu mobil lebih jauh dibanding mobil lain yang menggunakan ban baru.

Karena itu, jangan remehkan tingkat keausan ban kendaran Anda. Karena Anda tidak tahu kapan hujan akan turun saat Anda berpergian.
Post Oleh: Luxman Tea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger